PATAKA

Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi yang disingkat PATAKA, merupakan salah satu lembaga kajian di bidang pertanian dan pangan yang turut andil dalam mewujudkan tata kelola pembangunan dengan iklim usaha dan kelembagaan yang kondusif untuk pertanian yang lestari dan mensejahterakan.

Ruang lingkup kegiatan PATAKA meliputi riset terfokus, mengembangkan jejaring kerjasama, membangun partisipasi publik, melaksanakan pendampingan yang terintegrasi dan advokasi kebijakan.

 

 

Terciptanya tata kelola pembangunan dengan iklim usaha  dan kelembagaan yang kondusif untuk pertanian yang lestari dan mensejahterakan

 

 


Melaksanakan riset terfokus  terkait rantai pasok dan kelembagaan petani dan peternak


Membangun partisipasi publik dan jejaring kerjasama


Melaksanakan  pendampingan masyarakat dan advokasi  bisnis dan kebijakan

 

 


Bidang yang menyelenggarakan riset yang terfokus pada riset kelembagaan dan riset rantai pasok serta analia data data pertanian dan data data yang berhubungan dengan pembangunan pertanian.

Tujuan: Menyediakan sumber data dan informasi sebagai dasar pelaksanaan berbagai kegiatan PATAKA.

 
Bidang yang menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam pengembangan jejaring kerjasama serta menyelenggarakan berbagai forum sebagai sarana publik dalam menyampaikan berbagai gagasannya dalam pembangunan pertanian.

Tujuan: Mengembangkan jejaring kerjasama antar stakeholder dan meningkatkan partisipasi publik terhadap isu isu strategis pembangunan pertanian

 
Bidang yang menyelenggarakan berbagai kegiatan pendampingan masyarakat, terutama petani dan peternak  serta advokasi bisnis dan kebijakan.

Tujuan:
•  Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat terutama petani dan peternak.
•  Meningkatkan entrepreneur.
•  Menata kebijakan untuk terwujudnya tata kelola pembangunan dalam iklim usaha yang kondusif.