(Video) Kementan Targetkan Produksi Jagung 22,5 Juta Ton??

by April 23, 2021
F D P Video 0   19 views 1

FDP 55 PATAKA Online

Focus Group Disscussion: “HARGA JAGUNG MELAMBUNG”

Waktu:
Selasa, 20 April 2021

Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan (PPHP Ditjen TP) Kementan Muhammad Ghazali mengatakan, upaya pemanfaatan KUR saat ini terus dilakukan dimana progresnya terus meningkat.

Selain itu, infrastruktur pasca panen sangat berpengaruh terhadap kontinuitas produksi serta kualitas produksi jagung yang dihasilkan. Sehingga sentra produksi tersebar pada beberapa wilayah, sementara kebutuhan berlangsung ada sepanjang waktu. Namun kontinuitas, distribusi manajemen stok yang menjadi catatan.

Adapun sentra produksi jagung seperti Provinsi Sumut, Lampung, Jawa tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan dan Gorontalo. “Artinya sentra diluar ini bisa diasumsikan panen pada waktu tertentu dan menjadi tingkat kesulitan produksi, sehingga terjadi peningkatan harga,” ungkap Ghazali.

Ghazali menyebutkan, tahun 2021 Dirjen TP menargetkan produksi jagung sebesar 22,5 juta ton, dengan luas tanam 4,2 hektar (ha) dengan produktivitas 5,4 juta ton per musim. Produksi panen jagung tertinggi terjadi pada bulan Februari-April.

Sementara kebutuhan jagung untuk pakan ternak terjadi sepanjang tahun dari Januari hingga Desember. “Petani kita itu punya insting, artinya waktu tanam jagung memang tetap ada setiap bulan, tetapi ada petani menanam jagung hanya periode tertentu,” ujarnya.

Ia memprediksi, ada kekurangan pada April hingga Maret bahkan sampai Mei 2021. Artinya pada bulan tersebut diperkirakan defisit jagung sebesar 265.349 ton namun berharap produksi dalam negeri bisa dipacu.

Posisi neraca bulan Januari-Maret sebesar 500 ribu ton dibanding produksi dan kebutuhan pada 1 juta ton (Februari) dan 900 ribu ton (Maret). Sedangkan April kekurangan sekitar 200 ribu ton dan Mei 2 juta ton. “Ini masih estimasi karena data masih bergerak,” katanya.

JagungMahal #ImporJagung #HargaPakanNaik

Related Images: