(Video) HET Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

by April 28, 2021
F D P Video 0   4 views 0

FDP 55 PATAKA Online

FOCUS GROUP DISCUSSION: “HARGA JAGUNG MELAMBUNG”

Waktu:
Selasa, 20 April 2021

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Syailendra mengatakan, harga pakan saat ini 7.500 per kilogram, harga pakan naik karena dipengaruhi harga jagung saat ini Rp 4.200 hingga Rp 6.000 per kg di tingkat konsumen. Jagung merupakan struktur terbesar mencapai 45% – 50% dalam pakan.

Selain pakan harga DOC juga naik. Hal itu berimplikasi terhadap harga ayam karkas mencapai Rp 40.000 – 42.000 per kilogram. “Begitu besar peran jagung terhadap produk akhir ayam yang dijual dipasar tradisional maupun modern,” imbuhnya.

Harga jagung lokal naik, karena pasokan di dalam negeri melemah. Sedangkan kecukupan stok jagung di pabrik pakan ternak bertahan sampai 29 hari per April dibanding bulan Februari lalu sampai 33 hari. Pun dengan harga jagung internasional merangkak naik 222,1 USD/MT (1,9%) per tanggal 13 April dibanding bulan Maret sebesar 217,9 USD/MT.

Ia memprediksi harga jagung akan turun, pada bulan Juni dan Juli mendatang diperkirakan ada tambahan pasokan jagung dari Brazil maupun Argentina. Syailendra menyarankan, perlu perluasan lahan jagung yang diintegrasikan dengan kompleks industri jagung.

Syailendra mengajak industri dapat melakukan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan harga pakan dan DOC lebih murah sehingga berdaya saing di kancah global. Di Brazil harga ayam mencapai Rp 14.000 per kilogram, jangan sampai ayam impor masuk ke Indonesia.

Industri perunggasan harus mengantisipasi menghadapi persaingan bisnis yang lebih besar dari negara lain. “Jangan kita menjadi petinju kelas berat tapi lawan kita kelas ringan terus, tapi kalau menjadi kelas berat carilah sparing partner kelas berat baru kita menjadi petinju yang benar,” cetusnya.

Download materi presentasi.

#JagungMahal #ImporJagung #HargaPakanNaik

Related Images: